Jenis - Jenis Iklan Koran
Tahukah anda apa saja jenis iklan Koran? Jika anda adalah calon pemasang iklan atau orang yang ingin bergelut dalam dunia periklanan, mestinya pengetahuan dan wawasan tentang periklanan perlu dikuasai. Pengetahuan ini penting baik para produsen atau pelaku usaha yang hendak mengkampanyekan atau mempromosikan prouk atau jasanya melalui iklan.
Pengetahuan atau wawasan tentang periklanan di media massa cetak atau Koran sangat penting agar anda dapat merencanakan bentuk dan ukuran iklan yang hendak di pasangmaupun biaya yang mesti dikeluarkan. Selain itu, jenis-jenis iklan Koran juga mencakup atau berkaitan dengan bagaimana isi atau konsep iklan dibuat. Karena itu pengetahuan tentang hal ini harus anda kuasai sejak awal sebelum merencanakan strategi marketing atau promosi anda.
Jenis - Jenis Iklan Koran
Secara umum, jenis iklan Koran dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
- 1. Iklan Display atau Iklan Gambar
Iklan display merupakan iklan yang berisi tidak hanya kata-kata melainkan juga dengan gambar, foto ataupun bentuk grafis lainnya. Untuk media Koran, iklan display dibedakan antara display hitam putih (BW) dan display berwarna (Full Colour).
Iklan display juga masih dibedakan berdasarkan peletakannya, yaitu iklan display yang bebas diletakkan dimana saja sesuai keinginan pemasang iklan dan iklan kolom yaitu iklan display yang hanya dapat dipasang atau diletakkan di rubrik iklan dan berbaur dengan iklan baris. Iklan ini harus dibuat dengan ukuran minimal dua kolom hingga maksimal 1 halaman koran. Sedangkan iklan kolom dibuat berukuran 1 kolom dengan minimal 30 mm danmaksimal 100 mm.
Kadang iklan display juga dibedakan antara iklan display lokal yang dipasang oleh organisasi atau perorangan dan iklan display nasional yang dipasang oleh perusahaan nasional atau intansi nasional.
- 2. Iklan Baris
Iklan baris adalah jenis iklan Koran dalam bentuk rangkaian kata atau kalimat dan hanya diletakkan di rubrik iklan. Iklan baris dibuat minimal 3 baris dan maksimal 10 baris tanpa gambar sama sekali. Iklan baris Koran umumnya memiliki pangsa pasar spesifik, baik pembaca sebagai calon konsumen maupun calon pengiklannya. Iklan baris sangat diminati pengiklan untuk tujuan penjualan langsung.
Selain kedua jenis iklan tersebut juga terdapat jenis iklan advertorial atau pariwara. Dalam khasanah praktis, advertorial juga sering disebut sebagai artikel atau berita terselubung karena bentuknya yang mirip artikel atau berita namunberisi konten komersial. Ciri yang membedakan pariwisara dengan artikel atau berita yang terdapat dalam suatu Koran hanyalah kode tulisan ADV yang merupakan kepanjangan dari advertorial.
Dengan mengenal jenis dan ragam iklan Koran tersebut, anda sebagai calon pengiklan dalam merencanakan, merancang, dan membuat iklan yang efektif. Selain sesuai dengan jenis iklannya, iklan efektif juga berisi konten yang padat dan efektif dalam menyampaikan pesan produsen kepada pembaca Koran sebagai calon konsumen. Itulah pentingnya mengenal ragam dan jenis iklan Koran.