Pengertian Iklan Baris
Iklan Baris adalah iklan yang pertama kali dikenal masyarakat. Umumnya hanya terdiri dari pesan-pesan komersial yang berhubungan dengan kebutuhan pengiklan.
Iklan baris pada masyarakat kita biasa disebut dengan iklan kecik, dimana biaya iklan ini dihitung dari jumlah kata per kata yang dijejerkan/dibariskan dalam format satu koloman menurun. Iklan ini biasanya mempunyai judul, dan berkelompok menurut judulnya. Misalnya, lowongan, rumah dijual, mobil dijual, kost, dan lainnya. Iklan ini biasa terbit tanpa gambar, dan kalimatnya sering disingkat-singkat. Dengan pertimbangan efisiensi biaya yang harus dikeluarkan oleh pemasang.
Iklan baris mempunyai target audience tertentu, dan hanya prospek-prospek yang tertarik saja, yang akan mengamati. Kaum broker atau makelar biasanya rajin mengikuti iklan ini, karena kebutuhan dan peluang yang akan diperolehnya.
Pada kondisi seperti sekarang ini, dimana biaya promosi ditekan semaksimal mungkin, para pengiklan mengalami ‘degradasi’ dalam mengiklankan produknya, khususnya berkaitan dengan konsep ‘biaya minimum dengan informasi maksimum’. Kalau dulu mereka beriklan dengan iklan display, kini beralih ke iklan kecik, karena lebih murah biayanya